{[['
']]}


Mungkin ada diantara sobat pernah mengalami kejadian seperti di atas. Saya rasa sangat perlu kita melindungi atau mengunci data Worksheet Microsoft Excel agar docoment di dalamnya tidak mudah diedit atau di hapus orang lain. Kemudian bagaimanakah cara mengunci Worksheet Microsort Excel tersebut.
1. Buka worksheet yang ingin sobat protect.
2. Jika sobat hanya ingin mengunci beberapa cell, baris atau kolom tertentu, blok semua worksheet > klick kanan > format cell > pilih protection
Locked dan Hidden harus dalam posisi unchecklist ( tidak diceklis )
langkah berikutnya blok cell, baris atau kolom yang ingin sobat proteksi klick kanan > format cell > pilih protection
Locked dan Hidden harus dalam posisi checklist (dichecklis )
Langkah No 2 tidak perlu jika sobat ingin memprokteksi worksheet secara keseluruhan.
3. Klik kanan pada sheet yang akan sobat kunci , pilih protect sheet atau pilih menu Review di menu bar > Protect sheet.
4. Setelah muncul dialog box seperti di bawah masukkan password.
checklist pada pilihan
- Select locked cells
- Select unlocked cells
- Format cell
Klick OK
5. Selanjutnya akan muncul dialog box konfirmasi password
Masukkan ulang password sobat lalu klick OK
6. Sobat berhasil memproteksi worksheet Microsoft Excel.
Cara membuka Sheet yang dikunci.
Worksheet yang sudah dikunci maka tidak akan ada orang lain yang akan merubah-rubah file kita. Hanya kita yang dapat merubah file tersebut untuk melakukan suatu edit file.Lalu bagaimana cara membuka kuncinya !
1. Pertama klik kanan pada Sheet yang sudah kita kunci atau pilih menu Review di menu bar > Protect sheet
2. Pilihlah Unprotect Sheet
3. Masukan nama password yang sudah dibuat tadi
4. Kemudian klik Ok
Selamat Mencoba . Semoga postingan tentang tutorial cara mengunci lembar kerja worksheet Microsoft Excel kali ini bermanfaat.
Posting Komentar